Berita

KUNJUNGAN WISATAWAN MENINGKAT PADA LIBUR LEBARAN 2024

Palangka Raya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Disbudpar Kalteng) melakukan pendataan kunjungan wisatawan pada masa periode libur lebaran 9-15 April 2024 di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah seperti di Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau.

Hasil pendataan menunjukan kunjungan wisatawan ke Kota Palangka Raya sebanyak 32. 283 wisatawan yang berkunjung ke Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai, Taman Pasuk Kameloh, Danum Surum Bahandang, Manasa Agrowisata, Matan Andau, Sei Gohong, Petik Buah Pak Slamet, TWA Bukit Tangkiling, Susur Sungai dan Kuliner Pelabuhan Rambang, Petik Buah Larosa, Wisata Mancing di Tangkiling, Wisata Kuliner Kampung Lauk, Wisata Kuliner Kampung Seberang, dan Wisata Kum-Kum.

Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Katingan berjumlah sebanyak 4.472 orang dengan tujuan wisata ke Bukit Batu, Danau Bulat, Riam Mangkikit, TN Sabangau-Punggualas, TN Bukit Baka, Kebun Raya Kasongan, dan Danau Mare. Selanjutnya, menurut data terdapat 2.699 wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata di Kabupaten Pulang Pisau yakni ke Wahana ATV Tumbang Nusa serta destinasi wisata lainnya yang tersebar di Kabupaten Pulang Pisau.

Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Kalimantan Tengah dibandingkan dengan periode libur lebaran tahun 2023. Jumlah kunjungan mengalami peningkatan sebanyak 6.769 pengunjung dari total 37.121 pengunjung pada periode libur lebaran tahun 2024 ini. Kunjungan wisatawan diprediksi masih akan mengalami kenaikan hingga tanggal 20 April 2024 karena masih ada beberapa event dan kegiatan serta atraksi yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Adiah Chandra Sari pada hari Kamis tanggal 18 April 2024 berharap tahun ini Provinsi Kalimantan Tengah mengalami kenaikan kunjungan wisatawan.

”Dengan adanya beberapa objek wisata baru di Provinsi Kalimantan Tengah, semoga dapat menarik minat wisatawan terutama wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Provinsi Kalimantan Tengah,” ujarnya.

”Kami juga berharap pemerintah Kabupaten dan Kota turut berperan dengan memperbanyak event dan atraksi atau kegiatan di lokasi Destinasi Wisata, dan membuat promosi pariwisata terbaru melalui media sosial yang kini juga dapat dilakukan melalui media masing-masing pemkab, pemkot, dinas terkait maupun melalui media yang dimiliki oleh Disbudpar Kalteng, seperti e-magazine Charming Central Kalimantan dan website visitkalteng.go.id.” pungkasnya. (Adm)

Back to top button